Personal Blog Ihsan Fauzi Rahman, SH

Beranda » Uncategorized » Seteru Abadi, Kepentingan Pribadi Vs Kepentingan Orang Banyak.

Seteru Abadi, Kepentingan Pribadi Vs Kepentingan Orang Banyak.

Follow me on Twitter

Kepentingan menurut kepentingannya terbagi pada dua, kepentingan pribadi dan kepentingan orang banyak. Keduanya sama-sama harus dipenuhi sebagai kebutuhan pemenuhan. Terdapat pilihan untuk selalu dipenuhi. Jika kita memenuhi kepentingan pribadi saja, maka kita akan melupakan kepentingan orang banyak. Dan jika kita memenuhi kebutuhan orang banyak, kita melupakan diri sendiri. Itulah logika kasar yang ada dalam pola fikir kita saat masa krisis ini.

Jika yang rusak adalah pribadi, maka kita harus memperbaiki kepribadian kita. Dan jika yang rusak adalah orang banyak, maka kita harus turut memperbaikinya, karena kita berada dalam masyarakat tersebut. Jika keduanya rusak, maka kita harus memperbaiki keduanya, tidak boleh rasis terhadap satu sama lain, karena perbaikan itu melekat keharusan pada kita untuk merubahnya.

Dalam Islam, ada jaminan “Jika kamu mengurusi orang lain, maka urusanmu akan diselesaikan TuhanMu”
Jika kamu menolong orang lain, maka urusanmu akan ditolongNya, tidak tanggung-tanggung akan ada balasan dari Tuhan Sang Pencipta, Sang Maha Kuat, Sang Maha Adil, Sang Maha Bijaksana.
Ada juga teori, Jika kamu menolong manusia, maka manusia tersebut akan berbalik menolongmu. Sekalipun teori ini relatif pada sandaran hati manusia, tetapi serangkali ini terjadi. Ada istilah “saling tolong menolong” entah setimpal ataupun tidak, ketika engkau berusaha melakukan sesuatu yang positif terhadap orang banyak maka engkau akan manis muka dihadapan orang banyak. Manis atas perbuatan baikmu.

Ya, sekarang dikembalikan pada pola fikir kita, apakah selama ini kita terlalu egois, terlalu takut miskin karena membantu. Khawatir Terbatas akan ketidaktahuan kita akan batas yang pasti.
Indonesia harus dirubah oleh pribadi-pribadi yang penolong, oleh orang banyak yang penolong (ditolong oleh perubahan pribadi terhadap orang banyak) hingga konstruksi perubahan itu nyata terjadi.

Yeah, tolonglah kepribadianmu dengan banyak menolong orang banyak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: