Personal Blog Ihsan Fauzi Rahman, SH

Beranda » Uncategorized » Lautan Padi Menguning, ku ingat bapak…

Lautan Padi Menguning, ku ingat bapak…

Follow me on Twitter

Kereta berjalan dengan kecepatan yang Normal, mengarungi rute Jakarta-Solo. Namanya Bengawan. Dia rela ditumpangi banyak manusia ekonomis setiap harinya. Ya, ekonomis. Karena kereTa ni hanya mengangkut penumpang tiket ekonomi.

Dikaca yang kecil itu bisa kita amati bersama, didalam perjalanan kita bisa lihat bersama. Ragam manusia indoneisa dan ragam budaya. Tata kelola ruang kota, naturalnya lautan pesawasahan, kreasi macam rumah hunian.

Ada yang membuat perjalanan ini menarik, Ya. Lautan Sawah yang membentang sepanjang perjalanan. Jati Barang punya lautan sawah yang dimanfaatkan oleh petani lokal.

Hijau dan kuning warna atap tumbuhannya, pertanda musim panen telah tiba. Ada motor disamping jalan dekat sawah, pula ada motor di tengah sawah. Karena luas dan jauhnya sawah dari pemukiman, karena hasil panen yang akan diangkut oleh empunya bangunan tanaman tersebut.

Kita sadar, bahwa padi itulah yang menjadi beras, beras itulah yang kita makan. Mungkin yang kita anggap adalah beras itu barang yang dijual dan dicipta oleh pabrik. Kita mudah untuk mendapatkannya.

Ups, pengamatan singkat itu meruntuhkan kebodohanku. Bisa diamati betapa panjangnya proses tumbuhan berbuah padi tersebut diolah, tak tanggung-tanggung dari awal menanam sampai memanen butuh waktu berbulan-bulan. Dan para petani itu menyuguhkan pertunjukan perjuangan mereka memproses tanaman di sawah mereka, untuk mereka jadikan beras dan layak jual kepada kita.

Di kampungku juga banyak petani, bahkan keluargaku juga keluarga petani. Ayahku sendiri pelaku prosesor tumbuhan padi menjadi beras, walaupun dalam skala kecil. Tapi tetap berharga dIsisi kebutuhan banyak manusia.

Pelajaran penting untuk manusia, bahwa beras itu memberikan pengajaran dalam kita memproses sebuah kehidupan. Memproses sebuah hasil, memproses sebuah ketiadaan menjadi kebermanfaatan.

Saya bangga menjadi keluarga petani🙂.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: