Personal Blog Ihsan Fauzi Rahman, SH

Beranda » Uncategorized » Laskar Hijau

Laskar Hijau

Follow me on Twitter

Harmoni Laskar Hijau

by Ihsan Fauzi Rahman on Sunday, July 31, 2011 at 1:42am
Laskar Hijau adalah nama sebutan, sebutan untuk anak-anak pengajian informal dari Mesjid Jagat Arsy, di bawah BRH Foundation. Bertempatkan di Jagat Alas, Islamicecodigi scholl Jl. Ciater Raya no 21 Nusa Loka BSD_Tangsel. Laskar karena bentuk mereka layaknya tentara. Tentara yang berperang untuk pembelajaran hidupnya. Direkatkan dengan istilah “Hijau”, karena Hijau lah warna ideal alam, hijau adalah warna yang banyak diidamkan. Alam bagus karena hijaunya, semakin hilang warna hijau di muka bumu ini, semakin panas nan menyiksa bumi ini. Tentara yang diidealkan menimba ilmu dan mengajarkannya.
Laskar Hijau hidup dalam homogenitas masyarakat Pinggiran perumahan Elit Kota BSD. Mereka adalah suku asli, pribumi yang terpaksa menerima perlakuan sesama manusia yang merusak tanah mereka demi proyek dan proyek pembangunan perumahan. Hidup mereka 180 derajat berkebalikan dengan tetangganya yang disekati dengan pagar-pagar perumahan. Akses jalan ditutup karena kumuhnya daerah pinggiran membuat Proyek keserakahan itu tidak layak dijual. Itulah manusia di zaman edan, saking cerdasnya, hak manusia dikorbankan untuk kepentingan proyek. Manusia bukan lagi segalanya, juga bukan Tuhan yang sudah banyak dilupakan. Tapi yang jadi sentris tujuan semua hal di zaman ini adalah keuntungan pribadi anti sosial. Itulah budaya yang kini digencarkan untuk selalu berkembang menjadi besaran hal yang sistemik. Merampas banyak hak, termasuk hak anak kecil dalam menjalankan kehidupan yang seharusnya.
Laskar Hijau, belajar di sekolah alam. Setiap sore sebelum maghrib mereka sudah packing jasad untuk belajar. berlari dalam kegelapan zaman. Bercinta dengan luasnya ilmu, walaupun sikap belum dewasa terkadang mengaburkan niat baik yang sudah dirutinkan. Jarak jauhpun tak jadi penghadang, karena mereka sudah menegaskan diri untuk hadir dalam pengajian yang dijadwalkan, samapai jam 20.00. terbilang hanya 120 menit. Namun diikuti layaknya banyak otang yang sedang mengejar perbaikan nilai. Mereka selalu mengejar perbaikan diri melalui belajar dan belajar. Walaupun Adat budaya betawi pinggiran itu tertahan angkuh dan sombong. Apalah daya, Niatan baik itu jadi spirit penuh emosional bagi para pengajar muda di Jagat Alas.
Laskar Hijau hanya berharap untuk selalu belajar dan belajar. Walaupun kadang mereka menyantap hal-hal informal sosialita kehidupan. Laskar Hijau baru lahir sekitar 4 bulan yang lalu, armada yang terkumpul dalam waktu yang singkat tersebut adalah 50 LH. mereka senantiasa menegaskan diri untuk mencari cara. Cara untuk hidup dalam banyak persoalan yang harus dipecahkan.
Mudah-mudahan laskar hijau menjawab semua persoalan umat di masa akan datang.
to be continued

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: