Personal Blog Ihsan Fauzi Rahman, SH

Beranda » Uncategorized » Ada yang ngetrend…ampe lupa yang bener

Ada yang ngetrend…ampe lupa yang bener

Follow me on Twitter

by Ihsan Fauzi Rahman on Sunday, January 3, 2010 at 6:22am

Subhanallah, itulah satu kata yang terungkap seketika kulihat dan kupandang sang bulan sejajar dengan matahari dan Bumi dalam satu waktu, itupun dekat dengan saat-saat kehidupan kemarin. tertanggal 1 januari 2010 pukul 0151.54. WIB itulah saat kita mulai bisa melihat apa yang sering kita dengar, yaitu GERHANA BULAN.
Tepat berputar dan sejajar dalam waktu yang sama dengan perayaan yang makin nge-Trend bagi sebagian manusia di dunia ini, hitam putih, desa kota, tua muda, semua golongan dapat kita lihat serta mertanya tanpa rasa sadar mengikuti alur zaman neo-edan ini.
pembakaran uang, harta dan waktu dengan fenomena besar dilangit hitam penanda malam itu, menandakan waktu tahun baru itu telah tiba. orang bilang kita harus bisa menghitung segala kebaikan dan keburukan. orang bilang inilah saatnya kita pamer :”maaf dan doa” untuk terlihat bahwa saya adalah orang baik, masih tau jumlah taun dan hitungan tanggal dan tahun.
Itu dilakukan oleh semua orang, ada yang mengaitkannya dengan dzikir bersama, refleksi polotik bersama, cuti bersama, dan piknik bersama di tempat yang menjadi kebahagiaan bersama di dunia ini.
Tapi tahukah kita….akan fenomena-fenomena tahun ini???
Sejam berdetak setelah kembang api dibakar, disana ada kejadian besar nan indah sebagai kekuasaan Allah, yang senantiasa selalu diperlihatkan dengan takdir_Nya, hingga Rasulullah sendiri menganjurkan beberapa hal seketika kita melihat GERHANA BULAN atau gerhana MATAHARI.
Beginilah dalilnya:
كَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَوْمَ مَاتَ إِبْرَاهِيمُ ، فَقَالَ النَّاسُ كَسَفَتِ الشَّمْسُ لِمَوْتِ إِبْرَاهِيمَ . فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – « إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ فَصَلُّوا وَادْعُوا اللَّهَ »

”Di masa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam pernah terjadi gerhana matahari ketika hari kematian Ibrahim. Kemudian orang-orang mengatakan bahwa munculnya gerhana ini karena kematian Ibrahim. Lantas Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya gerhana matahari dan bulan tidak terjadi karena kematian atau lahirnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana tersebut, maka shalat dan berdo’alah.’” (HR. Bukhari no. 1043)

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

”Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat gerhana tersebut, maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari no. 1044)
Ada Perintah Rasulullah yang wajib jita ketahui, dan fahami sebagai umat Islam yang senantiasa mengatakan “muslim” dalam identitasnya.
beberapa kewajiban itu terlupakan, hanya sedikit orang yang mau tau akan semua itu, itupun belum dihitung godaan syetan, jika dijumlahkan, mungkin hanya sedikit dari umat islam yang mengamalkannya. dia Sudah lupa dengan yang bener. Ada yang nge-Trend…ampe lupa yang bener….
wahai sahabatku, Alhamdulillah Allah masih memaafkan kita dengan limpahan Rahmat dan Rizki_Nya, Allah Maha kaya dengan segala kekuasaannya. Allah masih memberikan kita kesempatan untuk menghirup dosa dan usaha kepada yang lebih baik di dunia yang labil ini.

Pada hari Jum’at nanti, tanggal 29 Muharram 1431 H/15 Januari 2010 M. Insya Allah akan terjadi Gerhana Matahari Cincin:

* Mulai Gerhana : pukul 13.44.43 WIB.
* Pertengahan Gerhana : pukul 15.22.23 WIB.
* Akhir Gerhana : pukul 16.43.44 WIB.

Adapun untuk keseragaman dalam pelaksanaannya diaturlah sebagai berikut:

* Mulai takbir : pukul 13.45 WIB.
* Shalat Kusuf : pukul 14.30 WIB
Jangan kita lupakan saat ini, Allah senantiasa akan melihat kita, dengan malaikatnya mencatat semua amalan kita, kebaikan kita, kesalahan dan kebodohan kita. sera kita faham bahwa Allah secara LIVE dan Mendetailkan akan semua yang telah kita kerjakan di dunia ini. Rubahlah semua kesalahan ini dengan aksi kita menghidupkan Sunah_Nya, melaksanakan apa yang menjadi perintah_Nya, sudah saatnya kita tau dalam ketahuan kita sebagai manusia, kita amalkan semua ini dengan harapan Ridlo Allah untuk kehidupan kita baik di dunia ini, maupun di akhirat kelak.
Getarkan Aliran darah kita untuk hati yang bersih, Masukan Vitamin-Nutrisi Ilmu yang baik dan benar sebagai ranting akan Pondasi keimanan kita yang sudah terlalu lampau kita khianati sendiri dengan kesalahan dan kekhilafan akan semua perintah_Nya…
Luruskan seisi kepala kita, sesekali hadapkanlah untuk kebaikannya, pasti Allah akan memudahkan semua jalan ini, Itu kebaikan untuk kita…..
Rubahlah satu tema ini menjadi Nyata….
Wawlahu A’lam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: